Latar Belakang: Pandemi COVID-19 menyebabkan penurunan drastis pada kunjungan pasien ke rumah sakit (RS). Bauran pemasaran dapat menjadi alat bagi RS untuk mencapai jumlah kunjungan yang ditargetkan. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi bauran pemasaran RS di era pandemi COVID-19 dan dampaknya terhadap RS. Metode: Pencarian literatur dilakukan melalui empat database: Garba Rujukan Digital, Research Gate, Google Scholar, dan Proquest. Kriteria kelayakan yang digunakan adalah artikel penelitian asli yang dapat diakses secara lengkap tanpa berbayar, tentang implementasi bauran pemasaran RS di era pandemi COVID-19, artikel berbahasa Indonesia atau Inggris, dan artikal yang dipublikasikan tahun 2020-2021. Hasil: Empat artikel memenuhi kriteria kelayakan. Pemanfaatan bauran pemasaran secara simultan meningkatkan jumlah kunjungan pasien, minat kunjungan ulang, dan minat melahirkan di RS. RS yang menekankan produk yang mendukung pelaksanaan protokol kesehatan, pembedaan akses pasien COVID-19 dan non-COVID-19, penerapan physical distancing serta penyediaan fasilitas cuci tangan di ruang tunggu berdampak pada jumlah kunjungan pasien rawat jalan dan minat kunjungan ulang yang lebih tinggi. Pemasaran digital mempunyai peluang untuk dapat lebih dioptimalkan di era pandemi COVID-19. Kesimpulan: Pemanfaatan bauran pemasaran secara simultan khususnya yang menonjolkan penerapan protokol kesehatan di RS bermanfaat dalam meningkatkan kunjungan pasien di era pandemi COVID-19.
Copyrights © 2022