Artikel ini merupakan hasil penelitian yang membahas mengenai implementasi  pendidikan karakter pada institusi pendidikan di tingkat SMP, SMA dan Sederajat di Kota Tasikmalaya. Hasil penelitian ini berupaya meminimalisir, bahkan diupayakan mampu menghilangkan masalah yang selalu terjadi pada siswa di sekolah seperti tawuran, aksi geng motor, bullying, narkoba, dan pelecehan seksual. Permasalahan dikota yang dilabeli “Kota Santri” ternyata masih ada perilaku siswa yang melakukan tindakan negatif. Oleh karena itu, etika, moralitas, dan nilai-nilai agama dan Pancasila, sebagai filosofi dan nilai-nilai yang luhur pada bangsa Indonesia harus ditingkatkan kembali. Penanganan serius dari institusi pendidikan, menggalakan penyampaian pendidikan karakter yang terintegrasi pada semua mata pelajaran dan guru di sekolah. Pemberian pendidikan karakter ini harus dipetakan kembali dan mencari pemecahan solusi yang tepat dan terarah oleh institusi pendidikan maupun pemerintah. Pendidikan karakter ini harus dilakukan secara berkelanjutan, terintegrasi dan serius pada proses belajar mengajar di kelas. Pendidikan di Kota Tasikmalaya diharapkan fokus pada penguatan pendidikan karakter yang memiliki daya untuk mengubah perilaku siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015