Jurnal PRINSIP Pendidikan Matematika
Vol 1 No 2 (2019): Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika Mei 2019

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NHT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA XI IPS 5 SMAN 12 PEKANBARU

Alfarobi (Pendidikan Matematika, Universitas Riau)
Alirman (SMA Negeri 12 Pekanbaru)



Article Info

Publish Date
30 May 2019

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPS 5 SMA Negeri 12 Pekanbaru melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 5 yang berjumlah 35 orang dengan kemampuan akademik yang heterogen. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan dan tes hasil belajar matematika. Pengamatan dilakukan oleh satu orang guru matematika SMAN 12 dan satu orang dosen Pendidikan Matematika FKIP UNRI. Tes hasil belajar matematika dilakukan sebanyak dua kali di setiap akhir siklus. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar pengamatan aktifitas guru dan siswa serta soal tes hasil belajar matematika. Data aktifitas guru dan siswa dianalisis secara kualitatif dan data hasil belajar matematika dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktifitas guru dalam menerapkan pembelajaran kooperatif tipe NHT sudah semakin sesuai dengan RPP dan mengalami peningkatan kualitas untuk setiap pertemuan. Demikian juga halnya dengan aktifitas siswa yang menunjukkan kemajuan untuk setiap pertemuan. Siswa sudah berani untuk maju ke depan kelas mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya. Sejalan dengan peningkatan aktifitas guru dan siswa dalam pembelajaran, hasil belajar matematika siswa juga meningkat. Persentase siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk siklus I dan II adalah 14,28%, naik 8,58% sebelum dilakukan tindakan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpri

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Focus and scope of Jurnal PRINSIP Pendidikan Matematika are the results of research and critical analysis studies in the field of mathematics education and learning, including: 1. Curriculum Development of Mathematics Education 2. Teaching and learning mathematics 3. Educational technology 4. HOTS ...