Jurnal Talenta Sipil
Vol 5, No 1 (2022): Februari

Perencanaan Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) Ruas Jalan Hitam Ulu-Mentawak Di Kabupaten Merangin (Menggunakan Metode AASHTO 1993)

Fakhrul Rozi Yamali (Unknown)
Riki Rivaldo (Teknik Sipil Universitas Batanghari Jambi)
Fakhrul Rozi Yamali (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2022

Abstract

Perkerasan jalan adalah merupakan salah satu unsur konstruksi jalan raya sangat penting dalam rangka kelancaran transportasi darat sehingga memberikan kenyamanan dan keamanan bagi penggunanya, sehingga perlu direncanakan dengan baik berdasarkan standard dan kriteria perencanaan yang berlaku di Indonesia. Jalan merupakan prasarana transportasi darat yang paling banyak digunakan oleh masyarakat untuk melakukan mobilitas keseharian dibandingkan dengan transportasi air dan udara, sehingga volume kendaraan yang melewati ruas jalan tersebut harus mampu di dukung oleh perkerasan jalan pada ruas jalan yang dilewatinya. Perencanaan Ruas Jalan yang terletak di di Ruas Jalan Hitam Ulu – Mentawak Kabupaten Merangin ini adalah perencanaan jalan yang menghubungkan satu daerah/ wilayah ke desa lain dan kota , karena kondisi jalan diperuntukkan atau direncanakan dengan ketentuan umur rencana lebih dari sepuluh tahun sesuai program pemerintah daerah Merangin untuk meningkatkan Infrastruktur khususnya sarana transportasi jalan di daerah tersebut maka di rencankanlah perencanaan tebal perkerasan kaku (Rigid Pavement) pada jalan di Ruas Jalan Hitam Ulu – Mentawak Kabupaten merangin Provinsi Jambi yang mampu mendukung beban – beban berat yang masuk di jalur tersebut seperti truck dan alat berat yang masuk di jalur tersebut maka di haruskan dengan merencanakan sebuah perencanaan jalan dengan perkerasan kaku (rigid pavement).

Copyrights © 2022