Chemistry Education Review
Volume 1 Nomor 2 Maret 2018

ANALISIS KOMPETENSI GURU KIMIA DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM 2013 DI SMK SMAK MAKASSAR

., Asniati (Unknown)
., Mansyur (Unknown)
Gani, Tabrani (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2018

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (i) gambaran pelaksanaan standar kompetensi guru dalam menerapkan model pembelajaran berbasis kurikulum 2013 di SMK-SMAK Makassar; (ii) gambaran penerapan model pembelajaran kurikulum 2013 oleh guru pada proses pembelajaran kimia di SMK-SMAK Makassar. Metode pengumpulan data melalui observasi setiap pertemuan di kelas; wawancara dan dokumentasi berupa catatan kecil dan rekaman video. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa; (i) gambaran penerapan standar kompetensi guru dalam menerapkan model pembelajaran kurikulum 2013 di SMK-SMAK Makassar menunjukan kriteria kompetensi sangat kompeten; pada kriteria kompetensi sangat kompeten dengan mengedepankan aspek-aspek kompetensi guru profesional, sedangkan (ii) gambaran pengamatan implementasi model pembelajaran kurikulum 2013 pada saat proses pembelajaran kimia di SMK-SMAK Makassar menunjukan kategori keterlaksanaan sangat baik.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

CER

Publisher

Subject

Chemistry

Description

Chemistry Education Review mempublikasikan artikel hasil penelitian bidang studi pendidikan kimia, yang berhubungan dengan belajar dan pembelajaran kimia, teori dan praktik pendidikan kimia, pengembangan perangkat dan materi pembelajaran kimia, pendidikan guru kimia, dan kegiatan lainnya yang ...