Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (i) gambaran pelaksanaan standar kompetensi guru dalam menerapkan model pembelajaran berbasis kurikulum 2013 di SMK-SMAK Makassar; (ii) gambaran penerapan model pembelajaran kurikulum 2013 oleh guru pada proses pembelajaran kimia di SMK-SMAK Makassar. Metode pengumpulan data melalui observasi setiap pertemuan di kelas; wawancara dan dokumentasi berupa catatan kecil dan rekaman video. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa; (i) gambaran penerapan standar kompetensi guru dalam menerapkan model pembelajaran kurikulum 2013 di SMK-SMAK Makassar menunjukan kriteria kompetensi sangat kompeten; pada kriteria kompetensi sangat kompeten dengan mengedepankan aspek-aspek kompetensi guru profesional, sedangkan (ii) gambaran pengamatan implementasi model pembelajaran kurikulum 2013 pada saat proses pembelajaran kimia di SMK-SMAK Makassar menunjukan kategori keterlaksanaan sangat baik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018