ArtComm : Jurnal Komunikasi dan Desain
Vol 2 No 1 (2019): ArtComm

Membangun Opini Publik Terhadap Partai Politik (Studi Kasus Pilkada Jabar 2018)

Hanafi Hanafi (Fakultas Komunikasi dan Desain, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia)



Article Info

Publish Date
23 Apr 2019

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk menemukan, mengetahui berbagai data dan informasi mengenai opini publik terhadap parpol di Pilkada Jabar 2018, sehingga dengannya ditemukan dan diperolehgambaran mengenai format opini publik, khususnya opini politik publik di jabar.Adapun dalam penelitian ini diperoleh hasil antara lain: pertama, isi/substansi pokok format opinipublik di Pilkada 2018, berkisar tentang urusan pokok yang membumi dan sesuai jatidiri dankarakteristik Jawa Barat. Kedua, periodisasi pelaksanaan, secara garis besar berisikan tiga (3) tahapan,yaitu tahap I, II, dan III. Tahapan ini untuk mengukur keterkaitan kuat antara profil, prestasi,kompetensi parpol dimata publik Jawa Barat; konsistensi dengan perencanaan program dan kebijakanyang dirancang parpol; dan menguji kemampuan parpol dalam membawa nilai potitioning dan harkatJawa Barat di tingkat nasional bahkan internasional. Ketiga, kemasan dan setting, opini publik layakuntuk diukur sesuai batasan-batasan nilai budaya lokal, nilai etis kedaerahan serta kearifan lokal yangsenantiasa diwariskan secara turun-temurun di tengah masyarakat pasundan yang religius.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskripsi terhadap konsep dan teori,produk perundangan, serta isi pemberitaan media yang beredar terkait focus permasalahan yangdikaji.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ArtComm

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal ArtComm : Jurnal Komunikasi dan Desain sebagai media untuk mempublikasikan tulisan ilmiah: hasil penelitian, hasil pemikiran (gagasan konseptual), hasil perancangan Desain, Desain Komunikasi Visual, Seni Rupa, Ilmu Komunikasi, Studi Media, Komunikasi Massa dan Jurnalisme, Strategi Komunikasi, ...