ArtComm : Jurnal Komunikasi dan Desain
Vol 3 No 2 (2020): Artcomm

Perancangan Booklet Mengenai Program Periksa Payudarasendiri (Sadari) Sebagai Media Kampanye Untuk Pelajar Remaja Putri Sekolah Menengah Pertama Di Kota Bandung

Sophia Purbasari (Fakultas Komunikasi dan Desain, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia)
Erina Septiannisaa (Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Nasional PASIM)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2020

Abstract

Periksa payudara sendiri (SADARI) merupakan metode deteksi dini untuk mengetahui gejala kanker payudara. Sampai saat ini, kasus kanker payudara merupakan kasus kedua terbesar di Negara Indonesia, terutama di Kota Bandung. Kanker payudara menjadi kasus kanker yang paling beresiko bagi wanita. Sebagai seorang wanita dari seorang remaja putri menjadi seorang wanita, banyak hal penting yang harus diperhatikan mengenai kesehatan dan perkembangan. Oleh karena itu, metode deteksi dini periksa payudara sendiri (SADARI) menjadi salah satu metode yang paling aman untuk dilakukan sejak dini, implementasi metode inipun perlu dilakukan saat usia remaja, yaitu saat mulai terjadinya perkembangan secara fisik. Dalam mengatasi kanker payudara sejak dini pada remaja putri di Kota Bandung, Organisasi Yayasan Kanker Indonesia mengadakan sosialisasi kampanye cegah kanker payudara dengan periksa payudara sendiri (SADARI) melalui media buku infografis atau booklet sebagai solusi atas masalah tersebut. Perancangan buku infografis atau booklet ini memberikan informasi mengenai kanker payudara, gejala, faktor dan resiko, terutama langkah-langkah metode periksa payudara sendiri (SADARI), media inipun dirancang menyesuaikan kebutuhan dari remaja putri sebagai pengetahuan dasar akan kesehatan payudara.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ArtComm

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal ArtComm : Jurnal Komunikasi dan Desain sebagai media untuk mempublikasikan tulisan ilmiah: hasil penelitian, hasil pemikiran (gagasan konseptual), hasil perancangan Desain, Desain Komunikasi Visual, Seni Rupa, Ilmu Komunikasi, Studi Media, Komunikasi Massa dan Jurnalisme, Strategi Komunikasi, ...