ArtComm : Jurnal Komunikasi dan Desain
Vol 4 No 1 (2021): Artcomm

Desain Kostum Busana Musisi Independen Indonesia Sebagai Media Branding

Banon Gilang Muhamad Kali Ichsan (Fakultas Komunikasi dan Desain, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

Kebudayaan populer tidak mampu dilepaskan dari kultur postmodern. Dalam posmodernisme segala nilai kembali pada penampilan dan keuntungan. Industri musik dan fashion menjadi industri yang tumbuh dan berkembang dalam konsep postmodernisme. Identitas pada akhirnya menjadi penting dalam proses branding. Dimana identitas memiliki kekuatan sebagai penunjang penampilan. Industri musik tanah air kini memasuki era dimana industri Independen lebih diuntungkan. Modal yang besar tidak lagi dibutuhkan dalam proses produksi dan distribusi musik karena dibantu oleh media daring yang kini telah mudah diakses. Dengan adanya kemudahan itu persaingan di industri musik independen juga semakin ketat. Tata busana menjadi salah satu media branding paling menarik sehingga memudahkan konsumen untuk mengingat dan menyerap ideologi dari produk tersebut. Dengan proses analisa menggunakan idiom - idiom Postmodernisme, peneliti berharap proses branding akan dapat dilakukan secara lebih menyeluruh. Sehingga nantinya akan memudahkan sebuah produk untuk dipasarkan secara tepat.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ArtComm

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal ArtComm : Jurnal Komunikasi dan Desain sebagai media untuk mempublikasikan tulisan ilmiah: hasil penelitian, hasil pemikiran (gagasan konseptual), hasil perancangan Desain, Desain Komunikasi Visual, Seni Rupa, Ilmu Komunikasi, Studi Media, Komunikasi Massa dan Jurnalisme, Strategi Komunikasi, ...