AbstrakMerubah atau membentuk seseorang yang unggul dan berkualitas tidak dapat dicapai secara instan, sehingga dalam membentuk seseorang yang unggul dan berkualitas, diperlukan suatu upaya meningkatkan keterampilan dalam membentuk pribadi manusia yang berkarakter. Pendidikan karakter bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, dengan mengembangkan kemampuan untuk menjadi manusia yang berkarakter yang beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, serta jadi masyarakat negeri yang demokratis dan bertanggung jawab. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan urgensi pendidikan karakter demokratis sebagai upaya mendisiplinkan siswa tunagrahita di SLB Al-Azhar Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan cara menelaah beberapa jurnal, buku, skripsi, tesis, dan karya ilmiah yang bersumber dari internet sebagai sumber informasi yang dapat dikaji sesuai dengan tema penelitian ini. Hasil penelitian ini memperoleh temuan dalam upaya menerapkan pendidikan karakter demokratis sebagai upaya mendisiplinkan siswa tunagrahita di SLB Al-Azhar Sidoarjo, dengan diterapkan melalui pengembangan diri, melalui kegiatan pembelajaran dan melalui budaya kelas.Kata Kunci: pendidikan karakter, karakter demokratis, disiplin, siswa tunagrahita. AbstractChanging or forming someone who is superior and qualified cannot be achieved instantly, so that in forming someone who is superior and qualified, an effort is needed to improve skills in shaping a human person with character. Character education aims to educate the nation's life, by developing the ability to become human beings with character who believe in God Almighty, have noble character, are healthy, knowledgeable, capable, creative, independent, and become democratic and responsible citizens of the country. The purpose of this study was to describe the urgency of democratic character education as an effort to discipline mentally retarded students at SLB Al-Azhar Sidoarjo. This research uses the literature study method by examining several journals, books, theses, and scientific papers sourced from the internet as a source of information that can be reviewed in accordance with the theme of this research. The results of this study obtained findings in an effort to implement democratic character education as an effort to discipline mentally retarded students at SLB Al-Azhar Sidoarjo, by applying it through self-development, through learning activities and through classroom culture.Keywords: character education, democratic character, discipline, mentally retarded students
Copyrights © 2020