Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha
Vol. 10 No. 1 (2022): April

Kamus Tematik Tiga Bahasa (Indonesia, Arab, Inggris) Meningkatkan Kemampuan Mengingat Anak Usia Dini

Khaerunnisa, Khaerunnisa (Unknown)
Tegeh, I Made (Unknown)
Asril, Nice Maylani (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menciptakan media pembelajran kamus tematik tiga bahasa (Indonesia, Arab, Inggris). Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan menggunakan desain model ADDIE.  Subjek penelitian ini yaitu 4 orang ahli yang meliputi 2 ahli materi pembelajaran, dan 2 ahli media pembelajaran. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan kuesioner. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu kuesioner. Teknik yang digunakan dalam menganalisis data yaitu analisis deskritif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yaitu penilaian dari ahli isi pelajaran, diperoleh nilai 1,00 (validitas sangat tinggi), dan penilaian dari ahli media pembelajaran yaitu 1,00 (validitas sangat tinggi). Dapat disimpulkan bahwa media kamus tematik tiga bahasa layak digunakan untuk menstimulasi kemampuan mengingat anak. Implikasi penelitian ini yaitu media yang dikembangkan dalam bentuk media pembelajaran kamus tematik tiga bahasa (Indonesia, Arab, Inggris) dapat dimanfaatkan guru untuk mempermudah proses pembelajaran khususnya dalam kemampuan mengingat. Kamus kamus tematik tiga bahasa (Indonesia, Arab, Inggris) dapat meningkatkan kemampuan mengingat pada anak usia dini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JJPAUD

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha is an open access peer-reviewed scientific journal published by Jurusan Pendidikan Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha. The journal publishes different kinds of scientific articles based on the field research and program in the area ...