SITEKIN: Jurnal Sains, Teknologi dan Industri
Vol 19, No 2 (2022): Juni 2022

Analisis Kepuasan Konsumen Pada CV. Salsabillah Group Dengan Menggunakan Metode Service Quality

Mohammad Syihabuddin Alja’far (Muhammadiyah Gresik University)
Mohammad Dian Kurniawan (Muhammadiyah Gresik University)
Yanuar Pandu Negoro (Muhammadiyah Gresik University)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2022

Abstract

CV. Salsabillah Group yaitu perusahaanmanufaktur batu kumbung yang berlokasi di Ds. Bolo Kecamatan Ujung Pangkah Kabupaten Gresik. Dalam penjualan batu kumbung kepuasan pelayanan pelanggan sangat mempengaruhi kepercayaan konsumen. Maka dari itu kualitas pelayanan konsumen menjadi tolak ukur keberhasilan suatu perusahaan. Pada data penjualan batu kumbung di CV. Salsabilah Group selama bulan Mei – Oktober 2021 terjadi penurunan jumlah konsumen dengan grafik yang tidak stabil dan cenderung menurun. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan konsumendiperlukan penerapan metode Service Quality guna memperbaiki kualitas dalam pelayanan kepada konsumen agar meningkatkan kepercayaan konsumen pada perusahaan. Dalam penelitian ini data diolah dengan melakukan uji Reabilitas, Uji Validitas, Perhitungan GAP. hasil dari penilitian ini menunjukkan bahwa pada 10 atribut kepuasan pada konsumen, terdapat GAP antara persepsi  CV. Salsabillah Group dan harapan konsumen yang mempunyai nilai (-2,09) kondisi lingkungan perusahaan. sebaiknya pada jalanan perusahaan sampai tempat parkir agar segera diperbaiki lagi, karena berpengaruh terhadap kenyamanan pelanggan ketika berkunjung. yang berarti pelayanan konsumen di perusahaan tidak sesuai dengan keinginankonsumennya dan perbaikan masih harus dilakukan dengan menggunakan usulan perbaikan yang telah diberikan pada penelitian ini. Kata Kunci:  Kepuasan, Pelayanan Konsumen, Service Quality, Kualitas, Batu kumbung

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sitekin

Publisher

Subject

Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Industrial & Manufacturing Engineering Other

Description

Sesuai dengan standard ISO 45001 bahwa karyawan harus berpartisipasi dalam melakukan pencegahan kecelakaan. Untuk itu perusahaan telah menetapkan Program Hazob (Hazard Observation) untuk mengidentifikasi bahaya dan melakukan tindakan koreksinya. Penerapan Program Hazob masih dengan metode ...