Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung
Vol 10, No 2 (2022): JUNI 2022

EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN STATISTIKA DENGAN METODE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA

Vera Octavia (UIN Sunan Gunung Djati)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2022

Abstract

AbstractOne of the causes of low learning outcomes is due to lecture activities that have not used appropriate learning methods. One alternative learning method that can be used in lectures related to arithmetic, such as statistics and mathematics, is by applying the Team Assisted Individualization method. The purpose of this study is to determine the differences in statistical learning outcomes between students who applied the Team Assisted Individualization learning method and those applied conventional learning methods and the effect of the learning methods used on statistical learning outcomes. The research method used is by conducting experiments on students of the Department of Sociology, FISIP UIN SGD Bandung, by taking samples of three classes, the experimental class namely the class that is given statistics learning with the Team Assisted Individualization method, the second class is using conventional methods with learning modules and class the third is using conventional learning methods (lecture method). Data were analyzed using multivariate analysis with MANOVA test and regression analysis using least square dummy variable method. The results show that there are differences in statistical learning outcomes between the three classes and there is an effect of the learning method applied, where the Teams Assisted Individualization method has a greater effect than other learning methods applied to the other two classes.  Keywords: effectiveness; learning outcomes; teams assisted individualization  AbstrakSalah satu penyebab rendahnya hasil pembelajaran adalah dikarenakan dalam kegiatan perkuliahan yang belum menggunakan metode pembelajaran yang tepat. Salah satu alternatif metode pembelajaran yang dapat dimanfaatkan dalam perkuliahan yang berkaitan dengan hitung menghitung, seperti statistika dan matematika, yaitu dengan menerapkan metode Team Assited Individualization. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar statistika antara mahasiswa yang diterapkan metode pembelajaran Team Assited Individualization dengan yang diterapkan metode pembelajaran konvensional serta pengaruh metode  pembelajaran yang digunakan terhadap hasil belajar statistika. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan melakukan eksperimen pada mahasiswa Jurusan Sosiologi FISIP UIN SGD Bandung, dengan mengambil sampel sebanyak tiga kelas, kelas eksperimen yaitu kelas yang diberikan perkuliahan statistika dengan metode Team Assited Individualization, kelas kedua yaitu menggunakan metode konvensional disertai modul pembelajaran dan kelas ketiga yaitu menggunakan metode pembelajaran konvensional (metode ceramah). Data dianalisis dengan menggunakan analisis multivariat dengan uji MANOVA dan analisis regresi dengan metode least square dummy variable. Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar statistika antara ketiga kelas tersebut dan terdapat pengaruh metode pembelajaran yang diterapkan, di mana pada kelas dengan metode Teams Assisted Individualization mempunyai pengaruh yang lebih besar dibandingkan dengan metode pembelajaran lainnya yang diterapkan pada kedua kelas yang lain. Kata Kunci: efektifitas; hasil belajar; teams assisted individualization  DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v10i2.pp170-185

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung terbit pertama kali pada tahun 2013 dalam bentuk cetak dan menerima artikel ...