Pembelajaran daring di Sekolah menciptakan ketentuan baru terkait serangkaian kurikulum, metode, materi dan media pembelajaran yang harus diperbaharui oleh pihak sekolah dan para guru untuk menyesuaikan dengan keadaan, maka timbullah berbagai inovasi terbaru dengan menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi yang mudah diakses agar tercipta pembelajaran yang efektif, efisien dan diterima dengan mudah oleh para siswa. Salah satunya dengan memanfaatkan Aplikasi Smartschool Genius Pada Pembelajaran Bahasa Arab yang memiliki beberapa kendala selama pembelajaran dan beberapa manfaat selama penggunaannya di masa Pandemi Covid-19, namun didalam aplikasi ini terdapat beberapa fitur-fitur sebagai penunjang efektifitas pembelajaran. Dengan metode deskriptif kualitatif, peneliti mengumpulkan beberapa data lapangan di MI Al-Khoiriyyah dengan wawancara, observasi dan dokumentasi online karena masih dilaksanakan pembatasan aktivitas masyarakat (PPKM) di Jawa dan Bali. Dan setelah semua data terkumpul, peneliti menganalisis data dengan tiga tahap dalam reduksi data (merangkum), penyajian data, dan verifikasi atau menarik kesimpulan dari hasil penelitian tersebut. Adapun hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan aplikasi dapat membantu siswa dalam Belajar Bahasa Arab tanpa batasan waktu dan tempat dan juga aplikasi ini memiliki dampak yang signifikan tentang Pembelajaran Bahasa Arab dimasa yang akan datang. Penelitian ini dapat memberikan kontribusi pada perkembangan anak dalam penggunaan teknologi dalam pembelajaran bahasa arab.
Copyrights © 2022