Jurnal Kependidikan Media
Vol 11, No 1 (2022): JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA

PENGARUH E-LEARNING BERBASIS EDMODO TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MTs YAPNI BONTO TAPPALANG KABUPATEN BANTAENG

Asdarina Asdarina (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
12 Feb 2022

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah pengaruh penggunaan media pembelajaran e-learning berbasis edmodo terhadap kemandirian belajar siswa kelas VII MTs Yapni Bonto Tappalang kabupaten Bantaeng. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh medi e-learning berbasis edmodo terhadap kemandirian belajar siswa kelas VII MTs Yapni Bonto Tappalang kabupaten Bantaeng. Jenis penelitian ini adalah pra eksperimen dengan menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest design. Dengan pemilihan sampel penelitian cluster random sampling. Populasi penelitian ini kelas VII dan VIII MTs Yapni Bonto Tappalang dan kelas VII sebagai sampel atau kelas eksperimen. Perhitungan data menggunakan analisis statistik inferensial dengan bantuan IBM SPSS 26. Berdasarkan hasil peneltiian diperoleh bahwa kelas eksperimen sebelum menggunakan media e-learning berbasis edmodo berubah setelah menggunakan media e-learning edmodo. Dengan nilai rata-rata pretest 56,57 dan posttest 75,11. Berdasarkan penjelasan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan media e-learning berbasis edmodo dapat berpengaruh pada kemandirian belajar siswa.

Copyrights © 2022