Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas IV pada SD Negeri 23 Japing-Japing dalam Penjumlahan Pecahan Melalui Pembelajaran Kooperatif.Karya tulis ini membahas tentang upaya nyata dan inovasi dari penulis dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan pembelajaran kooperatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi penerapan pembelajaran kooperatif terhadap peningkatkan pemahaman, dan sikap positif siswa Kelas IV pada SD Negeri 23 Japing-Japing dalam pembelajaran matematika, khususnya materi penjumlahan pecahan.Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SD Negeri 23 Japing-Japing pada siswa Kelas IV semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus pertama terdiri dari dua tindakan dan siklus kedua juga terdiri dari dua tindakan, yaitu penyajian materi dan tes akhir siklus. Prosedur yang dilaksanakan pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I prestasi hasil belajar, yaitu hanya terdapat 16,67 % dari 18 siswa yang mencapai indikator penelitian yang ditetapkan, dan pada siklus II meningkat menjadi 100 %. Demikian juga Sikap belajar siswa pada siklus I mencapai rerata 70,83 persen kemudian meningkat menjadi 97,22 persen pada siklus II dalam pembelajaran mata pelajaran matematika, khususnya materi tentang penjumlahan pecahan
Copyrights © 2021