Jurnal Kependidikan Media
Vol 10, No 2 (2021): JURNAL KEPENDIDIKAN MEDIA

MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS IV PADA SDN 94 WATAMPANUA TENTANG BERORGANISASI

Hj. Juarni (SDN 94 Watampanua)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2022

Abstract

 Abstrak: Implementasi Model Pembelajaran Think Pair Share Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas IV pada SDN 94 Watampanua tentang Berorganisasi. Tulisan ini membahas tentang upaya nyata dan inovasi dari penulis dalam pembelajaran PKn dengan menerapkan model pembelajaran think pair share.Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SDN 94 Watampanua pada siswa kelas IV semester 2 tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus pertama terdiri dari dua tindakan dan siklus kedua juga terdiri dari dua tindakan. Prosedur yang dilaksanakan pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penenerapan model pembelajaran think pair share  dapat meningkatkan kompetensi siswa kelas IV pada SDN 94 Watampanua dalam materi berorganisasi, dan juga meningkatkan sikap siswa dalam proses pembelajaran. Pada siklus I siswa yang menampakkkan sikap yang baik dalam proses pembelaharan mencapai rerata 70,23 persen kemudian meningkat menjadi 96,43 persen pada siklus II. Demikian juga pada prestasi hasil belajar, yaitu pada siklus I hanya terdapat 4,76 % dari 21 siswa yang mencapai indikator penelitian yang ditetapkan, dan pada siklus II  meningkat menjadi 95,23 %. 

Copyrights © 2021