AbstractThis research basically aims, among other things, to describe and explain the conceptions of character education based on local wisdom in the perspective of Islamic education, how the models of character education implemented in Indonesia and to find out the values of local wisdom prove in determining the development of character education . This research is a critical descriptive study and uses a qualitative approach that is research that produces descriptive data in the form of written or oral words from people and observable behavior which in this study places more emphasis on the power of analysis of sources and data exist by relying on existing theories and concepts to be interpreted based on the writings that lead to the discussion. These sources can be obtained from works written by competent experts about the title of this research discussion. The results of this study explain that local wisdom which is packaged, polished and well maintained can be used as a guideline for the formation of good and noble characters, that character education in the perspective of Islamic education is tantamount to moral education. Where the Prophet Muhammad was sent to perfect morals or seek the formation of good character (good character). In general, the values of local wisdom prove in determining the progress of the community. Keywords: Character Education, Islamic Education, Local Wisdom AbstrakPenelitian ini pada dasarnya bertujuan antara lain unntuk mendeskripsikan serta menjelaskan tentang konsepsi-konsepsi pendidikan karakter yang berbasis kearifan lokal dalam perspektif pendidikan Islam, bagaimana model dari pendidikan karakter yang diimplementasikan di Indonesia dan untuk mengetahui nilai-nilai dari kearifan lokal membuktikan dalam menentukan pengembangan pendidikan karakter. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kritis serta menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data secara deskriptif yang berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati yang mana dalam penelitian ini lebih menekankan pada kekuatan analisis sumber-sumber dan data yang ada dengan mengandalkan teori-teori dan konsep-konsep yang ada untuk diinterpretasikan berdasarkan tulisan-tulisan yang mengarah kepada pembahasan. Sumber-sumber tersebut di dapat dari karya yang ditulis oleh para ahli yang berkompeten tentang judul pembahasan penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa kearifan lokal yang yang dikemas, dipoles serta dipelihara dengan baik dapat dijadikan sebagai pedoman nilai untuk terbentuknya karakter-karakter yang baik dan luhur, bahwasanya pendidikan karakter itu dalam perspektif pendidikan Islam itu sama saja dengan pendidikan Akhlak. Dimana Rosulullah SAW diutus untuk menyempurnakan akhlak atau mengupayakan pembentukan karakter yang baik (good character). Secara umum nilai-nilai kearifan lokal membuktikan dalam menentukan kemajuan masyarakatnya.Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Pendidikan Islam, Kearifan Lokal
Copyrights © 2022