Jurnal Pendidikan Karakter JAWARA (Jujur, Adil, Wibawa, Amanah, Religius, Akuntabel)
Vol 8, No 1 (2022)

Pengaruh Pembelajaran Kitab Ta’lim Al-Muta’allim Terhadap Pembentukan Etika Belajar Santri Pondok Pesantren Ath-Thohariyah Desa Sindanghayu Kecamatan Saketi Kabupaten Pandeglang

Iwan Ridwan (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Abdurohim Abdurohim (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kitab Ta’lim Al-Mutaallim terhadap pembentukan etika belajar santri. Lokasi penelitian ini adalah di pondok pesantren Ath-Thohariyyah, kampung pasar sodong, desa sindanghayu, kecamatan saketi, kabupaten pandeglang. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat membantu para pendidik agar dapat lebih mendalami makna dan fungsi seorang guru bahwa sikap guru tidak hanya melakukan transformasi keilmuan saja namun setiap guru juga secara tidak langsung memberikan pendidikan karakter melalui tingkah laku dan kebiasaan sehari-hari. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat kuantitatif. Yaitu penelitian yang menggunakan data yang dinyatakan dengan skor angka. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran taklim al-Muta’allim di pondok pesantren at-thahariyah bertujuan untuk mendasari jiwa para santri dalam menuntut ilmu pengetahuan serta mampu mengajarkan dan mengamalkannya. Metode pembelajaran yang digunakan yaitu metode bandongan, wetonan dan ceramah serta Tanya jawab dan bermain peran. Pembelajaran taklim al-muta’allim berpengaruh positif terhadap pembentukan etika santri dalam kategori baik. Adapun nilai-nilai etika yang terdapat dalam kitab taklim al-muta’allim adalah kerja keras, kesungguhan, komunikatif, syukur, tawakal, istiqomah dan sabar

Copyrights © 2022