ABSTRAKKemiskinan merupakan permasalahan yang menjadi kendala pada umumnya dalam mencapai kesejahteraan masyarakat. Pendidikan dan pengangguran diindikasi mempunyai peran sentral terhadap isu tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi pengaruh pendidikan dan pengangguran terhadap kemiskinan di Kawasan Utara-utara. Metode regresi data panel periode 2011-2020 di 4 Kabupaten dengan menggunakan data sekunder berasal dari Badan Pusat Statistik. Hasil analisis menemukan bahwa pendidikan dengan menggunakan indikator rata-rata lama sekolah dan tingkat pengangguran terbuka berpengaruh secara simultan terhadap kemiskinan. Secara parsial rata-rata lama sekolah berpengaruh negatif signifikan terhadap kemiskinan yang mengindikasikan setiap kenaikan rata-rata lama sekolah dapat menurunkan angka kemiskinan. Selain itu tingkat pengangguran terbuka berpengaruh positif signifikan terhadap kemiskinan, yang berarti setiap kenaikan angka pengangguran dapat meningkatkan angka kemiskinan.Kata Kunci: kemiskinan; rata-rata lama sekolah; tingkat pengangguran terbuka ABSTRACTPoverty is a problem that becomes an obstacle in general in achieving community welfare. Education and unemployment are indicated to have a central role in this issue. The purpose of this study is to identify the effect of education and unemployment on poverty in the North-North Region. Panel data regression method for the period 2011-2020 in 4 districts using secondary data from the Central Statistics Agency. The results of the analysis found that education using the indicators of the average length of school and the open unemployment rate had a simultaneous effect on poverty. Partially, the average length of schooling has a significant negative effect on poverty which indicates that every increase in the average length of schooling can reduce the poverty rate. In addition, the open unemployment rate has a significant positive effect on poverty, which means that any increase in the unemployment rate can increase the poverty rate.Keywords: poverty; average length of schooling; open unemployment rate
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022