PRISMA
Vol 11, No 1 (2022): PRISMA Volume 11, No 1 Tahun 2022

Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Karakteristik Cara Berpikir Siswa

Hidayah, Laili Nurul (Unknown)
Kusumaningsih, Widya (Unknown)
Happy, Nurina (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2022

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ditinjau dari karakteristik cara berpikir siswa. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif dan dilaksanakan di SMP Negeri 6 Pati pada Semester Genap TA 2021/2022. Subjek penelitian diambil dari kelas VIIIB dan secara purposive terpilih delapan subjek yang memiliki karakteristik cara berpikir tipe Sekuensial Konkret (SK), Sekuensial Abstrak (SA), Acak Konkret (AK), dan Acak Abstrak (AA). Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan metode angket, tes tertulis, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dengan menguji kredibilitas data yang didapatkan melalui beberapa sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) subjek tipe SK mampu memenuhi semua indikator kemampuan pemecahan masalah, (2) subjek tipe SA mampu memenuhi indikator memahami dan merencanakan penyelesaian, (3) subjek tipe AK hanya mampu memenuhi indikator memahami masalah, dan (4) subjek tipe AA belum mampu memenuhi semua indikator kemampuan pemecahan masalah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

prisma

Publisher

Subject

Mathematics Social Sciences

Description

This journal focuses on mathematics education and disciplined inquiry into the teaching and learning of mathematics. The scope of the journal are: Mathematics Learning Model, Media Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in Mathematics Teaching, ...