Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ditinjau dari karakteristik cara berpikir siswa. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif dan dilaksanakan di SMP Negeri 6 Pati pada Semester Genap TA 2021/2022. Subjek penelitian diambil dari kelas VIIIB dan secara purposive terpilih delapan subjek yang memiliki karakteristik cara berpikir tipe Sekuensial Konkret (SK), Sekuensial Abstrak (SA), Acak Konkret (AK), dan Acak Abstrak (AA). Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan metode angket, tes tertulis, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dengan menguji kredibilitas data yang didapatkan melalui beberapa sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) subjek tipe SK mampu memenuhi semua indikator kemampuan pemecahan masalah, (2) subjek tipe SA mampu memenuhi indikator memahami dan merencanakan penyelesaian, (3) subjek tipe AK hanya mampu memenuhi indikator memahami masalah, dan (4) subjek tipe AA belum mampu memenuhi semua indikator kemampuan pemecahan masalah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022