Inovasi : Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Manajemen
Vol 18, No 2 (2022)

Faktor-faktor penentu nilai perusahaan pada industri barang konsumsi

Siti Fadlilah Nur'aini (Universitas Islam Batik Surakarta)
Riana Rachmawati Dewi (Fakultas Ekonomi Universitas Islam Batik, Surakarta)
Agni Astungkara (Fakultas Ekonomi Universitas Islam Batik, Surakarta)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini merupakan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kebijakan dividen, ukuran perusahaan, struktur modal, profitabilitas dan struktur aset terhadap nilai perusahaan, dengan data yang adalah data kuantitatif dan datassekunder yang diperoleh dari laporan keuangan tahunan yang digunakan. Objek penelitian ini mencakup perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama 2016-2020. Ada 63 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling sehingga dapat memperoleh sampel 17 perusahaan selama periode pengamatan 5 tahun. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS versi 21. Berdasarkan hasil analisis penelitian dan analisis pengujian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa ukuran perusahaan (UP), struktur modal (DER), profitabilitas (ROA), dan struktur aset (AS) berpengaruh terhadap nilai perusahaan (PBV), sedangkan kebijakan dividen (DPR) tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan (PBV).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

INOVASI

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Other

Description

INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemenis a scientific journal in the field of economics and management published twice a year (in April & ...