Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen, menganalisis preferensi konsumen dan menganalisis strategi pengembangan atribut produk beras pada masa pandemi covid 19 di Daerah Istimewa Yogyakarta. Metode dasar yang digunakan adalah deskriptif analitis. Pengambilan lokasi penelitian dilakukan secara purposive sampling dengan memilih Daerah Istimewa Yogyakarta karena merupakan daerah sentra pertanian dan kota dengan laju pertumbuhan penduduk yang tinggi setiap tahunnya. Responden penelitian ini sebanyak 60 orang diambil dengan teknik voluntary sampling serta penentuan responden dalam penelitian ini ditentukan secara quota sampling. Metode analisis data yang digunakan untuk mengetahui karakteristik konsumen yaitu analisis deskriptif, menganalisis preferensi konsumen yaitu multiatribut fishbein, dan menganalisis strategi pengembangan atribut produk menggunakan matriks Important Performance Analysis (IPA). Hasil Penelitian menunjukan bahwa karakteristik konsumen beras yang menjadi responden yaitu mayoritas berusia 26-35 tahun, berprofesi sebagai pegawai negeri sipil, berpendidikan sarjana, dan memiliki pendapatan rumah tangga berkisar antara Rp.2.500.000 – Rp.5.000.000, preferensi konsumen terhadap produk beras kemasan yaitu dilihat dari atribut kepulenan, kebersihan, daya tahan, harga , dan kemudahan mendapatkan, dan strategi pengembangan atribut produk beras yaitu dengan tetap mempertahankan kinerja dengan mempertahankan atribut kepulenan, warna, kebersihan, daya tahan, harga, dan kemudahan mendapatkan/ akses.
Copyrights © 2022