Indonesia adalah negara yang menghasilkan cengkeh terbesar di dunia yang sebagian besar produksinya ditujukan untuk ekspor. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis posisi daya saing dan kinerja ekspor cengkeh Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data panel ekspor cengkeh dalam kurun waktu lima belas tahun yaitu mulai tahun 2005-2019 dengan menganalisis sepuluh negara tujuan ekspor yaitu India, Vietnam, Saudi Arabia, Pakistan, Singapura, Mesir, Amerika Serikat, Uni Emirat Arab, Belanda, dan Malaysia. Metode Revealed Comparative Advantages (RCA) dan Export Product Dynamisc (EPD) digunakan masing-masing untuk menganalisis keunggulan komparatif dan kinerja ekspor cengkeh Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Indonesia memiliki keunggulan komparatif berdasarkan metode RCA, kemudian berdasarkan metode EPD diperoleh bahwa cengkeh Indonesia tergolong pada posisi rising star di sembilan negara tujuan ekspor India, Vietnam, Saudi Arabia, Pakistan, Mesir, Amerika Serikat, Uni Emirat Arab, Belanda dan Malaysia sedangkan di negara Singapura diperoleh bahwa posisi pasar cengkeh Indonesia pada posisi falling star.
Copyrights © 2022