Persepsi diartikan sebagai suatu proses mengenali, menyusun serta menafsirkan suatu informasi guna memberikan pemahaman yang berguna mengenai informasi tersebut. Penelitian ini mengangkat mengenai persepsi wirausahawan terhadap usaha dimasa pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja yang dirasakan wirausahawan terhadap kegiatan usahanya selama pandemi ini. Partisipan pada penelitian ini adalah satu orang wirausahawan dengan kegiatan usaha membuka warung kecil di rumah pribadinya yang berada di wilayah, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan teknik kuisioner dan observasi serta dilaksanakan dengan cara wawancara secara langsung kepada pelaku usaha. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan desain penelitiannya adalah studi kasus. Masa pandemi saat ini dikatakan membawa dampak buruk bagi pelaku usaha. Sebab, dengan adanya masa pandemi penghasilan yang didapat menjadi berkurang dari yang biasanya. Selain itu, dikarenakan banyaknya orang yang mengalami PHK maka persaingan dagang dilingkungan pun semakin merebak.  Hal tersebut menjadikan pelaku usaha untuk lebih keras lagi memutar pikiran guna menghadapi persaingan pasar dan menstabilkan pendapatan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022