Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
Vol 16, No 5: Al Qalam (September 2022)

Pemanfaatan Aplikasi Zepeto Sebagai Media Pembelajaran Budaya Islam Untuk Siswa Kelas 4 SD/MI

Safna Alfath Salsabil (Universitas Pendidikan Indonesia)
Dhea Amanda (Unknown)
Raisya Rahma Adilah (Unknown)
Ani Nur Aeni (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2022

Abstract

Berbagai aplikasi yang berkembang di masa sekarang tentu sangat banyak jenis nya, tidak hanya digunakan sebagai satu fungsi saja, tetapi bisa dimanfaatkan untuk beberapa fungsi. Seperti halnya pada aplikasi zepetto ini selain digunakan sebagai aplikasi game tetapi bisa dimanfaatkan juga sebagai aplikasi pembuat karakter untuk mengembangkan video animasi agar lebih menarik. Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan dan meneliti kelayakan aplikasi zepetto di dalam pembuatan media pembelajaran berbasis video animasi tentang kebudayaan islam untuk siswa  kelas IV SD/MI yaitu tentang kebudayaan isra mi’raj. Penelitian ini menggunakan metode D&D atau design and development dimana model penelitiannya merupakan studi yang sistematis terhadap proses desain, pengembangan, dan evaluasi dengan tujuan untuk menetapkan dasar empiris dalam penciptaan sebuah produk, data diambil melalui angket,wawancara,serta observasi langsung di sebuah sekolah dasar terhadap guru dan siswa kelas IV SD/MI. Di dalam hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis video animasi oleh aplikasi zepetto ini mampu menarik minat siswa sehingga lebih antusias ketika akan dilaksanakan pembelajaran dan siswa tidak merasa monoton karena pembelajaran disajikan secara audio visual.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

al-qalam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

ALQALAM : Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan (P-ISSN: 1907-4174 ; E-ISSN: 2621-0681) merupakan jurnal berkala yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan yang memuat tulisan dari dosen, tenaga kependidikan, pemerhati pendidikan dan lain sebagainya. ...