INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science
Vol 5 No 1 (2022): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science

Analisis Sentimen Twitter Terhadap Penggunaan Artis Korea Selatan Sebagai Brand Ambassador Produk Kecantikan Lokal

Ristyani Slamet (Universitas Nusa Mandiri)
Windu Gata (Universitas Nusa Mandiri)
Annisa Novtariany (Universitas Nusa Mandiri)
Khairunisa Hilyati (Universitas Nusa Mandiri)
Febri Ainun Jariyah (Universitas Nusa Mandiri)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2022

Abstract

Twitter sebagai platform yang digandrungi masyarakat terbukti dengan data yang menunjukkan bahwa Indonesia peringkat lima di dunia dengan banyak pengguna mencapai 18.4 juta. Banyak pengguna mengutarakan pendapat di dalam Twitter. Skincare lokal kini sedang merajai industri kecantikan di Indonesia. Beberapa brand kecantikan yang menggunakan artis korea sebagai brand ambassador. Berdasarkan hal tersebut, maka dilakukan analisis sentimen menggunakan algoritma Support Vector Machine (SVM) dan naïve bayes untuk mengetahui bagaimana sentimen para pengguna terhadap penggunaan artis korea sebagai brand ambassador produk kecantikan lokal. Data yang digunakan merupakan komentar masyarakat twitter sebanyak 317 data yang terdiri 266 komentar positif dan 21 komentar negatif. Hasil terbaik diperoleh pada SVM dengan nilai akurasi 83.60% dengan precision 83.86% dan recall 99.62%.

Copyrights © 2022