Abstrak Pada saat sekarang ini, teknologi terus berkembang secar pesat, dimana dapat dilihat pada semua sektor kehidupan manusia, salah satunya sektor perdagangan. Salah satu perkembangan teknologi yang dirasakan dalam sektor perdagangan adalah pengunaan food delivery service. Gofood yang berada dalam Gojek salah satu aplikasi dari food delivery service yang banyak digunakan masyarakat. Hal ini tentu memiliki faktor penyebab konsumen memilih Gofood. Pada penelitian ini akan dilihat faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen, dengan menggunakan metode pengukuran data menggunakan skala likert, uji validitas, realibilitas serta teknik analisis data. Dari hasil penelitian diperoleh faktor yang mempengaruhi yaitu Pengaruh Pribadi dan Keluarga, Kelas Sosial, Sikap Psikologi, dan Budaya, dan yang paling dominan yaitu Pengaruh Pribadi dan Keluarga yakni 28,69% Kata Kunci: analisis faktor, keputusan pembelian, aplikasi pengantar makanan Abstract At the present time, technology continues to develop rapidly, which can be seen in all sectors of human life, one of which is the trade sector. One of the perceived technological developments in the trade sector is the use of food delivery services. Gofood which is in Gojek is one of the applications of food delivery service that is widely used by the public. This certainly has a factor that causes consumers to choose Gofood. In this study, it will be seen the factors that influence consumer behavior, using the method of measuring data using a Likert scale, testing validity, reliability and data analysis techniques. From the results of the study, it was obtained that the influencing factors were Personal and Family Influence, Social Class, Psychological Attitudes, and Culture, and the most dominant was Personal and Family Influence, namely 28.69% Keywords: content; formatting; article, food delivery service
Copyrights © 2022