SEIKO : Journal of Management & Business
Vol 5, No 1 (2022): January - Juny

Pengaruh Gross Profit Margin, Pertumbuhan Penjualan, dan Dividen terhadap Harga Saham pada Perusahaan Consumer Goods yang Terdaftar di BEI Tahun Periode 2016-2020 Akibat Covid 19

Indra Ginting (PPs STIE Amkop Makassar)
Kyky Ronauli Hutapea (Unknown)
Raymon Abram Sipahutar (Unknown)
Mohd. Nawi Purba (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2022

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilakukan untuk melihat dan membuktikan dengan berbagai uji yang berkaitan dengan penelitian ini apakah adanya Pengaruh Gross Profit Margin, Pertumbuhan Penjualan, Dan Dividen Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Consumer Goods yang Terdaftar Di Bei Tahun Periode 2016-2020 Akibat Covid 19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif karena data yang digunakan untuk memperoleh hasil uji adalah merupakan data sekunder yang didapatkan dari situs website BEI yang sudah tersedia. Kemudian data tersebut diolah untuk memperoleh hasil sesuai dengan rumusan masalah dan tujuan dilakukannya penelitian ini. Populasi penelitian ini adalah perusahaan yang menjual barang konsumsi yang terdaftar pada situs BEI yaitu sebanyak 15 perusahaan dan sampel yang digunakan sejumlah perusahaan yang terdapat pada populasi. Hasil dari penelitian yang diperoleh melalui beberapa tahap uji yaitu dimana secara parsial dan simultan adanya Pengaruh yang positif dan signifikan Gross Profit Margin, Pertumbuhan Penjualan, Dan Dividen Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Consumer Goods yang Terdaftar Di Bei Tahun Periode 2016-2020 Akibat Covid 19. Dilihat dari uji koefisien besarnya Pengaruh Gross Profit Margin, Pertumbuhan Penjualan, Dan Dividen Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Consumer Goods yang Terdaftar Di Bei Tahun Periode 2016-2020 Akibat Covid 19 adalah sebesar 61%. Dengan demikian dimasa pandemi covid-19 jika Gross Profit Margin, Pertumbuhan Penjualan, dan Dividen Tahun Periode 2016-2020 akan meningkatkan harga saham dan harga saham tetap stabil dan memberikan keuntungan walapun menghadapi situasi pandemi jika diperhatikan dengan baik dan maksimal. Kata Kunci : Gross Profit Margin, Pertumbuhan Penjualan, dan Dividen dan Harga Saham Abstract This research was conducted to see and prove with various tests related to this research whether there is an Effect of Gross Profit Margin, Sales Growth, and Dividends on Stock Prices in Consumer Goods Companies Listed on the Stock Exchange for the 2016-2020 period due to Covid 19. This research is a qualitative research because the data used to obtain test results is secondary data obtained from the IDX website which is already available. Then the data is processed to obtain results in accordance with the formulation of the problem and the purpose of this research. The population of this study are companies that sell consumer goods listed on the BEI website, as many as 15 companies and the sample used is a number of companies in the population. The results of the research obtained through several test stages, namely where partially and simultaneously there is a positive and significant influence on Gross Profit Margin, Sales Growth, and Dividends on Stock Prices in Consumer Goods Companies Listed on the Stock Exchange for the 2016-2020 period due to Covid 19. Judging from the coefficient test, the magnitude of the influence of Gross Profit Margin, Sales Growth, and Dividends on Stock Prices in Consumer Goods Companies Listed on the Stock Exchange for the 2016-2020 period due to Covid 19 is 61%. Thus, during the COVID-19 pandemic, if Gross Profit Margin, Sales Growth, and Dividends for the 2016-2020 period will increase stock prices and stock prices will remain stable and provide profits even in the face of a pandemic situation if they are considered properly and maximally. Keywords: Gross Profit Margin, Sales Growth, and Dividends and Prices Share

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

seiko

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

The Journal Management & Business (SEJaman) provides a forum for academics and professionals to share the latest developments and advances in knowledge and practice of management business both theory and practices. It aims to foster the exchange of ideas on a range of important management subjects ...