Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika
Vol 4, No 2 (2022): Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika

Kemampuan Numerasi Siswa Melalui Implementasi Bahan Ajar Matematika Berbasis Problem Based Learning

Seruni Rahmatul Nasoha (Unknown)
Jeri Araiku (Universitas Sriwijaya)
Weni Dwi Pratiwi (Unknown)
Muhammad Yusup (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kemampuan numerasi siswa setelah implementasi Problem Based Learning, aktivitas siswa terhadap keterlaksanaan pembelajaran, dan respon siswa terhadap proses pembelajaran melalui implementasi bahan ajar matematika berbasis Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, wawancara, observasi dan angket. Penelitian ini dilakukan di SMPN 45 Palembang. Subjek pada penelitian ini siswa kelas VIII.4 pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan numerasi siswa dikatakan baik dengan indikator yang sering muncul adalah indikator melakukan analisis terhadap informasi yang disajikan baik berupa tabel, grafik, maupun diagram. Sedangkan indikator yang jarang muncul adalah indikator memberikan penafsiran terhadap hasil analisis dan memberikan kesimpulan atau prediksi. Aktivitas siswa terhadap keterlaksanaan pembelajaran dengan implementasi bahan ajar matematika berbasis Problem Based Learning sangat baik, serta respon siswa baik terhadap proses pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

indiktika

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Indikta Journal publish scientific articles in the field of mathematics education. Papers accepted can be a disseminate research result, theoretical studies, and mathematics learning. The article submitted has not been approved and has not been accepted for publication in another ...