Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kemampuan numerasi siswa setelah implementasi Problem Based Learning, aktivitas siswa terhadap keterlaksanaan pembelajaran, dan respon siswa terhadap proses pembelajaran melalui implementasi bahan ajar matematika berbasis Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, wawancara, observasi dan angket. Penelitian ini dilakukan di SMPN 45 Palembang. Subjek pada penelitian ini siswa kelas VIII.4 pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan numerasi siswa dikatakan baik dengan indikator yang sering muncul adalah indikator melakukan analisis terhadap informasi yang disajikan baik berupa tabel, grafik, maupun diagram. Sedangkan indikator yang jarang muncul adalah indikator memberikan penafsiran terhadap hasil analisis dan memberikan kesimpulan atau prediksi. Aktivitas siswa terhadap keterlaksanaan pembelajaran dengan implementasi bahan ajar matematika berbasis Problem Based Learning sangat baik, serta respon siswa baik terhadap proses pembelajaran.
Copyrights © 2022