ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah: (i) menganalisis kondisi internal dan eksternal; (ii) merumuskan rancangan model bisnis pengembangan hilirisasi bawang merah; serta (iii) mengidentifikasi strategi pengembangan hilirisasi bawang merah di PT Sinergi Brebes Inovatif (PT SBI). Penelitian dilakukan di PT Sinergi Brebes Inovatif (PT SBI) yang berlokasi di Brebes, Jawa Tengah. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara dengan para responden baik dari internal PT SBI maupun pihak ekstrenal yang terkait. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif, business model canvas, dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih ada segmen pasar yang berpotensi untuk PT. SBI. Implikasi penelitian ini menyarankan PT. SBI untuk melakukan research market ulang untuk meninjau kebutuhan konsumen, menambah variasi produk inovatifnya, serta memperluas koneksi dengan perusahaan lain.ABSTRACTThe aims of this research are: (i) analyzing internal and external conditions; (ii) formulating a business model design for the development of downstream shallots; and (iii) identify a strategy for the development of downstream shallots at PT Sinergi Brebes Inovatif (PT SBI). The research was conducted at PT Sinergi Brebes Inovatif (PT SBI) located in Brebes, Central Java. Data were collected by conducting interviews with respondents both from internal PT SBI and related external parties. The analytical method used is descriptive analysis, business model canvas, and SWOT analysis. The results showed that there are still potential market segments for PT. SBI. The implications of this research suggest PT. SBI to conduct re-market research to review consumer needs, add a variety of innovative products, and expand connections with other companies.
Copyrights © 2022