Abstrak Latar Belakang : Berdasarkan data dari INFODATIN tahun 2014 bahwa Indonesia selaku Negara berkembang memiliki penduduk difabel sebesar 2,45%, tercatat jumlah total anak usia SD kebawah di Indonesia 50 juta, dengan asumsi penderita kesulitan belajar membaca 10% maka prediksi anak yang mengidap gangguan kesulitan belajar membaca adalah 5 juta orang (Lestari, 2014). Hasil penelitian Andamari (2017) yang berjudul Implementasi Terapi Berbasis Aplikasi Android Dan Terapi Verbal Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Dengan Gejala Disleksia Hasil analisis menunjukkan nilai yang signifikan yaitu p value 0,006 < 0,05. Kesimpulan penelitian ini adalah hasil penanganan gangguan disleksia dengan pendekatan aplikasi berbasis android lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca. Tujuan: untuk mengetahui pengaruh terapi belajar membaca berbasis aplikasi android terhadap kemampuan membaca pada anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri Kaliwungu Kudus. Metode: Jenis penelitian ini Quasi Experimental dengan Non-equivalent control grup design dengan pre test - post test,sampel sebanyak 44 responden dengan purposive sampling dengan analisa data Wilcoxon. Hasil penelitian : Pengaruh terapi belajar membaca menggunakan aplikasi android terhadap peningkatan kemampuan membaca pada responden di SLB Negeri Kaliwungu Kudus dengan nilai p value 0,000 < 0,05 pada kelompok intervensi, dan p value 1.000 > 0,05. Kesimpulan : Terdapat pengaruh terapi belajar membaca menggunakan aplikasi android terhadap peningkatan kemampuan membaca pada responden di SLB Negeri Kaliwungu Kudus.
Copyrights © 2022