Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang implementasi pembelajaran daring oleh anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) di sekolah dasar inklusif. Di kelas inklusif, anak-anak dengan ADHD mengalami gangguan pembelajaran aspek konsentrasi dan hiperaktif/impulsif. Jenis penelitian yang digunakan secara kualitatif dengan desain studi kasus. Adapun subjek penelitian yang diteliti Siswa ADHD, kepala sekolah, guru kelas, dan guru pembimbing khusus. Analisis dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menjawab program pendidikan inklusif di sekolah telah mengatur pendidikan untuk semua tanpa deskripsi di sekolah mulai dari kepala sekolah, guru, dan guru pembimbing khusus, pelayanan khusus untuk siswa dengan kebutuhan khusus, melakukan modifikasi kurikulum pada pembelajaran daring, siswa ADHD tetap mendapatkan pelayanan belajar selama pandemik dengan fasilitas pembelajaran daring, dan keberadaan guru pembimbing khusus untuk siswa dengan kebutuhan khusus di sekolah dasar inklusif. Studi ini juga menjelaskan pelaksanaan pembelajaran daring yang dilakukan oleh anak-anak ADHD selama pandemi Covid-19.
Copyrights © 2022