Journal of Business and Applied Management
Vol 15, No 1 (2022): Journal of Business & Applied Management

Pengaruh Hedonic Value dan Utilitarian Value terhadap Niat Beli Konsumen melalui Trust sebagai Variabel Intervening pada Online Shop Shopee

Adriani Kala'lembang (Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

Bergesernya trend berbelanja dari offline ke online semakin memudahkan konsumen untuk mendapatkan barang yang diinginkan. Keinginan dalam pemenuhan yang semulanya karena kebutuhan kini konsumen berbelanja terdorong oleh sifat untuk memenuhi kesenangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa niat konsumen dalam berbelanja online shop Shopee. Penelitian ini menganalisa pengaruh hedonic value, Utilitarian Value dan Trust terhadap niat beli konsumen Shopee di kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitiain kuantitatif dengan menggunakan sampel pada mahasiswa yang berdomisili di kota Malang yang sudah pernah menggunakan Shopee sebagai media berbelanja. Data dikumpulkan dari 131 responden memakai google form setelah itu data dianalisis mengenakan path analysis. Hasil riset menunjukkan nilai hedonic memiliki pengaruh besar terhadap niat beli konsumen Shopee. Riset ini memberikan sumbangsi pada literatur mengenai belanja online dengan mengkonfirmasi peran Hedonic Value dalam berbelanja online.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

business-applied-management

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal of Business and Applied Management is an academic journal published twice annually (March-September) by Department of Management in Master Degree of Universitas Bunda Mulia. ...