Al-Tadabbur ; Jurnal Kajian sosial, Peradaban dan Agama
Vol 7, No 2 (2021): AL-TADABBUR

Perkembangan Pendidikan Menengah Atas Muhammadiyah Kota Tual

Jamain Warwufubun Warwufubun (IAIN Ternate)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2022

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk menggambarkan sejarah pendidikan menengah atas Muhammadiyah Kota Tual. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah observasi langsung dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembaga pendidikan menengaha Muhammadiyah Tual pada awalnya mengalami kendala berkitan dengan tenaga (sebagian pengurus) yang tidak memiliki beg raund kemuhammadiyaan sehinga berdampak besar terdapat  kerja-kerja lembaga ini pada masa awal. Problem lain berkaitan dengan kurangnya tenaga pendidikan dan sarana prasarana yang di miliki oleh lembaga pendidikan menengah tersebut. Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah dengan keterbatasan yang dimiliki tetap melaksanakan proses belajar menggunakan gedung yang terbatas dan selalu berpinda lokasi. Namun Sekolah Menengah Muhammadiyah saat ini sudah memiliki lahan serta bangunan tersendiri guna menunjang proses belajar mengajar (PBM). Keberadaan Sekolah Menengah Muhammadiyah tidak hanya diketahui oleh masyarakat di kota Tual, namun diketahui masyarakat di Kabupaten Maluku Tenggara dan masyarakat Kabupaten Kepulauan Aru, sehingga masyarakat lebih untuk menyekolahkan akan-anak untuk menempuh pendidikan menengah di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah kota Tual. Sejak awal berdiri hingga sekarang Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah juga menerimah siswa/siswa yang beragama Kristen yang mendaftar secara langsung maupun yang pindahan.  

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

altadabbur

Publisher

Subject

Religion Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

AL-TADABBUR (P-ISSN : 2527-3248; E-ISSN : 2613-9154 ) is a Journal published by Faculty of Ushuluddin Adab dan Dakwah of IAIN Ternate, Indonesia. It is a peer-reviewed open access journal in social civilization and ...