Pascal: Journal of Physics and Science Learning
Vol 6, No 1 (2022): Juni

UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENGGUNAAN LKPD MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI DINAMIKA ROTASI DI KELAS XI IPA 1 DI SMA NEGERI 1 KUBUNG

Media Evalina (SMA Negeri 1 Kubung, Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar  peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik setelah diterapkan penggunaan LKPD model pembelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 Tahun Pelajaran 2018/2019 bertempat di SMA N 1 Kubung. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan statistik deskriptif dimana data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan metode statistik dan dijelaskan kembali dengan kata. Jenis dari penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu angket aktivitas peserta didik dan hasil prestasi belajar dalam bentuk tes uraian. Berdasarkan hasil analisis data terdapat beberapa peningkatan dari data awal terdapat beberapa peserta didik  mendapat nilai di bawah  KKM  pada siklus I menurun menjadi  6  peserta didik  dan siklus II hanya  8 orang peserta didik. Dari rata-rata awal. 71,5 naik menjadi  78,3 pada siklus I dan pada siklus II naik menjadi  80,6. Kemudian dari segi ketuntasan belajar yang semula hanya  16  orang sedangkan pada siklus I menjadi lebih banyak yaitu  24  peserta didik  dan pada siklus II menjadi cukup banyak yaitu  26 peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PASCAL

Publisher

Subject

Physics Social Sciences Other

Description

Journal of Physics and Science Learning (PASCAL) merupakan Jurnal yang diterbitkan secara berkala pada bulan Juni dan Desember oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Islam Sumatera Utara. Jurnal ini memuat hasil pemikiran, ide, gagasan dari penelitian,pengembangan kajian pustaka dan ...