Apakah Macromedia Flash sebagai media pembelajaran digital berpengaruh terhadap proses pembelajaran, salah satunya pada pembelajaran IPS di sekolah dasar pada materi Karakteristik Geografis Indonesia? Penelitian ini dilakukan untuk membuktikan hal tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan metode Kualitatif dan dengan Studi Literatur digunakan sebagai pendekatan dalam penelitian ini. Sumber Literatur diambil dari enam artikel penelitian yang berasal dari E-Journal dan Google Scholars yang relevan dan dapat dipertanggungjawabkan untuk kepentingan penelitian. Setelah dilakukan penelitian, bahwa Macromedia Flash dalam penerapannya sebagai media pembelajaran memberikan dampak yang sangat baik bagi guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Bagi guru, media pembelajaran digital Macromedia Flash dapat membantu dalam mengembangkan media pembelajaran yang beragam dan menarik serta sesuai dengan kebutuhan siswa di abad 21. Selain itu, Macromedia Flash merupakan solusi dari keterbatasan guru dalam mengoperasikan teknologi digital karena kemudahan yang diberikan oleh Macromedia Flash. Suasana kelas yang diciptakan oleh guru dapat lebih interaktif dan menarik dengan menggunakan media pembelajaran Macromedia Flash. Bagi siswa, Macromedia Flash pada media pembelajaran digital dapat memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan emosi dan mental siswa, karakter positif, semangat belajar siswa, hasil dan prestasi belajar siswa, serta memudahkan siswa dalam menerima materi pembelajaran menjadi lebih baik.
Copyrights © 2022