Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran Wondershare Filmora yang layak dan efektif digunakan pada pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada tahapan pengembangan ARKIS yaitu analisis, rancang, kembangkan, implementasi dan sebarkan. Pada tahap Implementasi untuk menguji keefektifan dari media pembelajaran menggunakan penelitian kuantitatif komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP N 1 Kalirejo kelas IX Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021. Hasil penelitian dan pengembangan disimpulkan bahwa produk berupa media pembelajaran pada materi Transformasi dengan bantuan aplikasi wondershare filmora  layak digunakan menurut ahli materi, ahli desain pembelajaran, ahli media dan komunikasi pembelajaran, dan pengguna, serta media pembelajaran tersebut efektif dan praktis untuk digunakan.Kata-kata kunci: Media pembelajaran, wondershare filmora, transformasi, Pengembangan ARKIS
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022