Business, Economics and Entrepreneurship
Vol 4 No 1 (2022): Business, Economics, and Entrepreneurship

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KEPERCAYAAN, DAN RELIGIUSITAS TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS NASABAH PT. BANK NAGARI

Mauledy Ahmad (STIE Sakti Alam Kerinci)
Ferry Siswadhi (STIE Sakti Alam Kerinci)
Elex Sarmigi (IAIN Kerinci)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menelaah peran dari kepuasan nasabah dalam memediasi hubungan antara kualitas pelayanan, kepercayaan, dan religiusitas terhadap loyalitas nasabah. Adapun sampel dalam penelitian yaitu nasabah PT. Bank Nagari Cabang Tapan sebanyak 110 orang yang ditentukan dengan metode convenience sampling. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis jalur dengan bantuan aplikasi SMART PLS 3.0. Hasil penelitian ini menemukan bahwa kualitas pelayanan dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah dan loyalitas nasabah. Sedangkan religiusitas tidak berpengaruh terhadap kepuasan nasabah maupun loyalitas nasabah. Selain itu juga ditemukan bahwa keberadaan variabel kepuasan nasabah dapat memediasi pengaruh dari kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap loyalitas nasabah. Sedangkan pada pengaruh antara religiusitas terhadap loyalitas nasabah, kepuasan nasabah tidak menimbulkan efek mediasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

bee

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal Business, Economics, and Entrepreneurship (BEE) (registration number/ISSN:2656-9469) peer-reviewed journal published twice a year in March and September by Entrepreneurship program of Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) Shanti Bhuana. This journal publishes the conceptual and empirical ...