Kegiatan pengabdian masyarakat ini berlokasi di Kantor Kapanewon Kalasan dengan topik peningkatan kapasitas pelayanan publik di Kantor Kapanewon Kalasan melalui pengembangan media digital. Kemudian permasalahan mitra yakni kepuasan publik pada bagian front-liner dinilai belum terlalu baik dan masih sedikit pemanfaatan media digital dalam pelayanan umum. Pelaksanaan kegiatan ini menggunakan metode Rapid Rural Appraisal (RRA), dimana metode tersebut penulis memfokuskan pada tiga aspek yakni 1) enabling, dilihat dari potensi aparatur yang mampu mengoperasikan kritik dan saran digital, 2) empowering, dilihat dari meningkatnya kapasitas layanan kritik dan saran dari konvensional menjadi elektronik, 3) protecting, dilihat dari manajemen kearsipan kritik dan saran yang masuk menjadi lebih aman dan tertata. Berdasarkan hasil kegiatan pengabdian masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan mitra, penulis menjalankan dua program utama yakni fasilitasi pemanfaatan media digital dalam penanganan kritik dan saran masyarakat menggunakan scan QR-Code serta rekapitulasi pengelolaan data kritik dan saran secara otomatis. Dari program tersebut, menghasilkan beberapa produk digital pelayanan publik guna optimalisasi pelayanan publik di Kapanewon Kalasan, diantaranya: keberhasilan kegiatan pengabdian masyarakat sangat didukung dengan respon positif dari pemimpin organisasi dalam hal ini Panewu (Camat) dan keterlibatan aktif dari aparatur kapanewon terkait.
Copyrights © 2022