Strategi pembelajaran menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam peningkatan hasil belajar siswa. Peningkatan partisipasi siswa secara menyeluruh melalui strategi everyone is a teacher here dinilai sangat efektif selama proses belajar mengajar. Hasil observasi awal nyang dilakukan diperoleh di MA Alkhairat yaitu siswa kelas XI IPS memiliki rata-rata hasil belajar yang rendah sehingga penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa terutama pada mata pelajaran IPS. Metode penelitian yang digunakan jenis PTK dengan tahapan penelitian perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan reflesi dengan subjek penelitian sebanyak 32 siswa. instrument yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes. Analisis data menggunakan rumus persentase dengan kriteria kualifikasi menggunakan Pedoman Acuan Patokan. Hasil yang diperoleh sebagai berikut: 1) 90,62% hasil belajar siswa meningkat, 2), aktivitas guru dan siswa juga ikut meningkat sebesar 100% serta meningkatkan ketuntasan belajar yang diukur dari KKM kelas sebesar 96,02%.
Copyrights © 2020