Jurnal Komunikasi dan Organisasi (J-KO)
Vol 2, No 2 (2020): Agustus

Pengaruh Komunikasi Visual Gambar Peringatan Bahaya Merokok Pada Kemasan Rokok Terhadap Sikap Perokok (Studi Kasus Masyarakat Dusun Kanang-Kanang Desa Tino Kec. Tarowang Kabupaten Jeneponto)

Indah Pratiwi Manggaga (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Jufri Jufri (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gambar peringatan bahaya merokok pada kemasan rokok terhadap sikap perokok di Dusun Kanang-Kanang Desa Tino Kec. Tarowang Kab. Jeneponto. Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden kemudian diolah menjadi SPSS dengan menggunakan rank spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra peringatan bahaya merokok pada kemasan rokok berpengaruh terhadap sikap perokok di Dusun Kanang-Kanang. Temuan hubungan tidak signifikan dengan menggunakan analisis teori S-O-R. Responden mendapatkan stimulus (pesan) tentang citra kemasan rokok. Stimulus (pesan) tersebut disampaikan secara persuasif kepada organisme (responden) sehingga pesan yang disampaikan secara persuasif menimbulkan respon (efek) berupa kesadaran responden tentang bahaya merokok. Gambaran kemasan rokok cukup mampu menarik perhatian responden meskipun hubungannya rendah, karena ada variabel lain yang mempengaruhi rendahnya hubungan tersebut, seperti: 1) faktor harga produk (price of product), 2) faktor lingkungan sosial (kontrol orang tua atau pergaulan), 3) faktor perilaku (terlihat jantan atau maco).

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jko

Publisher

Subject

Humanities

Description

Komunikasi organisasi, studi media, teknologi komunikasi, komunikasi interpersonal, iklan, komunikasi antarbudaya, strategi komunikasi, public relations, kajian organisasi publik dan ...