Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui Apakah ada pengaruh penggunaan metode bandongan terhadap kemampuan tahsin Al-Qur’an peserta didik di Madrsah Diniyah Awaliyah Miftahul Ulum 2) Mengetahui Apakah ada pengaruh penggunaan metode bandongan terhadap kemampuan tahfidz Al-Qur’an peserta didik di Madrsah Diniyah Awaliyah Miftahul Ulum 3) Mengetahui Apakah ada pengaruh penggunaan metode bandongan terhadap kemampuan tahsin dan tahfidz Al-Qur’an peserta didik di Madrsah Diniyah Awaliyah Miftahul Ulum. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan ialah Quasi Experimental Research dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian terdiri dari 52 peserta didik sebagai populasi penelitian. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan test lisan (pretest dan posttest). Adapun pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t-test menggunanakan independen sample test dan uji f menggunakan one way anova untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode bandongan terhadap kemampuan tahsin dan tahfidz Al Qur’an. Berdasarkan hasil pembahasan tentang penggunaan metode bandongan tidak berpengaruh terhadap kemampua tahsin dan tahfidz Al-Qur’an. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis data uji t independen sample test kemampuan tahsin Al-Qur’an pada taraf signifikansi 5% diperoleh nilai sigifikansi hitung lebih besar dari 0,05 aitu 0,526 dan kemampuan tahfidz Al-Qur’an diperoleh nilai signifikansi hitung lebih besar dari 0,05 yaitu 0,283. Analisis data uji f one way anova dengan taraf signifikansi α = 0,05 yaitu sig. 0,592 ≥ 0,05 ini menujukkan tidak ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode pembelajaran bandongan terhadap kemampuan tahsin dan tahfidz Al-Qur’an
Copyrights © 2022