Perpustakaan Fakultas Teknik Universitas Ibnu Sina (UIS) mempunyai fasilitas layanan fisik maupun non fisik seperti keramahan petugas, kelengkapan buku, skripsi, laporan, fasilitas meja baca. Dari layanan tersebut mahasiswa masih merasa belum puas dikarenakan waktu layananya terbatas, referensi buku tentang kejuran masih minim, waktu peminjaman buku sangat singkat, tingginya denda keterlambatan dalam pengembalian buku. Sehingga dapat mempengaruhi dari minat baca mahasiswa, berdasarkan data minat baca selama 3 tahun mulai dari tahun 2017-2019 yaitu jumlah rata-rata pertahun 308 orang dari total mahasiswa aktif sebanyak 1247 orang, dengan rata-rata persentase setiap tahun hanya 24,7%. Berdasarkan dari permasalah tersebut maka diperlukan metode Quality Function Deployment (QFD) untuk mendesain perbaikan kualitas layanan perpustakaan di Fakultas Teknik Universitas Ibnu Sina (UIS) agar dapat memenuhi kepuasan mahasiswa. Dari hasil pengukuran yang telah dilakukan menunjukkan bahwa mahasiswa masih merasa belum puas dikarenakan semua dimensi layanan mengahasilkan nilai negatif, nilai dimensi gap terbesar adalah dimensi tangible dengan nilai -6,05 kemudian disusul dimensi reliability dengan nilai Gap -5,64. Sedangkan hasil penyusunan matrix house of quality (HoQ) desain untuk perbaikan layanan perpustakaan dengan prioritas utama adalah melakukan training terhadap petugas perpustakaan dengan nilai bobot 81, kemudian yang kedua yaitu menyediakan fasilitas layanan yang memadai dengan nilai bobot 58.
Copyrights © 2022