Franch Bakery melakukan kegiatan seperti penerimaan pesanan, transaksi penjualan, penyediaan stok produksi roti, dan lain - lain. Dimasa pandemic covid-19, Franch Bakery telah mengalami penurunan penjualan. Salah satu faktor yang belum maksimal yang digunakan adalah strategi pemasaran yang baik. Kemudian data transaksi penjualan belum pernah dilakukan pengelolaan untuk mengetahui pola penjualan yang terjadi. Permasalahan tersebut dibutuhkan keilmuan data mining dengan menggunakan metode FP-Growth untuk menyelesaikan permasalahan dalam penurunan penjualan dibutuhkan sebuah metode yang dapat menghasilkan sebuah informasi atau strategi marketing dalam menganalisa pola penjualan untuk membantu meningkatkan penjualan. Hasil penelitian ini algoritma FP-Growth mampu melakukan analisa terkait pola sesuai dengan kedua kasus tersebut dan dapat membantu dalam melakukan Analisa penjualan produk roti pada Franch Bakery.Kata Kunci: Data Mining, FP-Growth, Penjualan
Copyrights © 2022