Gestalt : Jurnal Desain Komunikasi Visual
Vol 4 No 1 (2022): Gestalt : Jurnal Desain Komunikasi Visual

Perancangan Kemasan Produk OIKIO Surabaya

Mohammad Hafil Pratama (UPN VETERAN "JAWA TIMUR")
Aileena Solicitor Costarica R.E.C (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Oikio adalah makanan ringan yang terbuat dari olahan kacang almond yang diproduksi oleh UD. Pawon Kue berlokasi di Surabaya. Produk Oikio merupakan produk homemade yang dibuat langsung oleh pemiliknya yaitu Ibu Choirul Mahpuhduah yang selalu menjaga kualitas dan kebersihannya. Tujuan dari perancangan ini adalah agar Oikio membutuhkan pembaruan untuk kemasan produknya. Hal ini dikarenakan Oikio telah melakukan re-branding yang sebelumnya bernama Pawon Kue menjadi Oikio. Perancangan ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif yaitu dengan mewawancarai pemilik Oikio serta melakukan observasi dan dokumentasi untuk mendapatkan data yang dibutuhkan. Dalam perancangan ini menggunakan metode analisis TOWS bertujuan untuk memanfaatkan kekuatan dan peluang (strengths and opportunity) dari merek Oikio dari dalam (internal) serta untuk memperbaiki dan mencari solusi atas kelemahan dan ancaman (threats and Weakness) dari luaR. Konsep yang akan digunakan untuk packaging Oikio adalah packaging yang modern dan menggambarkan kesan ceria dan bahagia seperti re-branding yang pernah dilakukan Oikio sebelumnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

gestalt

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal GESTALT merupakan terbitan berkala ilmiah Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Arsitektur dan Desain, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur. Jurnal Gestalt Terbit dua kali setahun pada bulan juni dan ...