Jurnal EK dan BI
Vol 5 No 1 (2022)

ANALISIS STRATEGI MARKETING LEMBAGA KURSUS DAN BIMBINGAN BELAJAR HANILY DI DESA CINTA MAKMUR LABUHANBATU

Hanita Nasution (Universitas Labuhanbatu)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemsaran yang dilakukan oleh Lembaga Kursus Dan Bimbingan Belajar Hanily di Desa Cinta Makmur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode analisis SWOT (Strength, Weaknesses, Opportunity, Threat) yaitu suatu analisis yang bertujuan untuk menganalisis kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman. Analisis dilakukan dengan melakukan penilaian terhadap faktor kekuatan dan kelemahan, kemudian analisis eksternal dengan melakukan penilaian peluang dan ancaman. Hasil penelitian ini menemukan bahwa LKBB Hanily berada pada kuadran strategi yang cepat, LKBB Hanily memiliki skor kekuatan yang lebih besar dari pada kelemahannya, namun ancaman lebih besar dari pada peluang yang dimiliki oleh LKBB Hanily. Penelitian ini juga menemukan bahwa LKBB Hanily telah mengimplementasikan empat bauran pemasaran, yakni promosi, produk, harga dan tempat dan belum menerapkan secara keseluruhan fungsi bauran pemasaran. Strategi pemasaran yang dilakukan oleh LKBB Hanily diantaranya, melakukan promosi melalui pemanfaatan media social, personal selling, kemudian menetapkan haraga yang lebih mjrah dari pesaing serta memebrikan benefit tambahan bagi customer, sedangkan produknya hanya fokus pada bimbingan belajar untuk anak usia dini, terakhir pemilihan tempat yang dilakukan dengan mengambil tempat strategis ditengah pemukiman warga dan mudah untuk dikases. Keywords: Analis SWOT, Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran, LKBB Hanily

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

EKBI

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal EK&BI merupakan jurnal yang dimaksudkan sebagai media terbitan kajian ilmiah hasil penelitian, pemikiran dan kajian analisis-kritis mengenai isu Ilmu - ilmu ekonomi dan bisnis dan lain-lain yang terkait. Artikel ilmiah dimaksud berupa kajian teori (theoritical review) dan kajian empiris dari ...