At-Tauzi: Jurnal Ekonomi Islam
Vol 3 No 01 (2010): Vol 03 no 1 / Des 2010

Analisis Faktor – faktor yang Mempengaruhi Konsumen dalam Menggunakan Produk Herbal

Reiangga Okinawa (STEI Hamfara)
Wijiharta Wijiharta (STEI Hamfara)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2010

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengetahui faktor–faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam menggunakan produk herbal kesehatan. Pengambilan sampel menggunakan teknik convenience sampling sejumlah 100 responden. Pengolahan data menggunakan program SPSS. Berdasarkan prosedur analisis faktor, 34 variabel awal berhasil dikelompokkan menjadi 10 kelompok faktor. Kesepuluh faktor tersebut kemudian diberi nama sesuai dengan komponen-komponen pembentuk variabel, yaitu: 1. Faktor jaminan produk, 2. Faktor kebutuhan dan gaya hidup, 3. Faktor pelayanan, 4. Faktor komunikasi, 5. Faktor acuan, 6. Faktor ketersediaan, 7. Faktor harga, 8. Faktor persepsi, 9. Faktor keyakinan produk, dan 10. Faktor rekomendasi. Faktor-faktor tersebut menyumbang 71,715 % perilaku konsumen dalam menggunakan produk herbal.

Copyrights © 2010






Journal Info

Abbrev

attauzi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal At Tauzi is an academic journal with peer-reviewed process in Islamic Economic disciplines. Scientific and Research Articles dealing with Islamic Management, Islamic Banking, Islamic Finance, Islamic Business, Islamic Accounting, and related topics with Islamic economic are ...