Smartphone menjadi barang terdekat yang sering dibawa oleh masyarakat. Saat ini sebagian besar waktu masyarakat digunakan untuk berinteraksi dengan smartphone. Agar smartphone bisa memberikan informasi dengan baik, pengguna wajib memiliki paket data internet di smartphone. Paket data internet atau yang sering disebut kuota internet telah menjadi kebutuhan primer bagi sebagian besar masyarakat. Bahkan, masyarakat yang sudah berlangganan jaringan Wi-Fi di rumah masih membutuhkan paket data internet agar smartphone tetap terkoneksi internet ketika beraktivitas di luar rumah. Di Indonesia, terdapat berbagai pilihan paket data internet dari berbagai macam provider penyedia layanan telekomunikasi yang dapat dibeli untuk menunjang aktivitas. Salah satu provider tersebut adalah Tri yang dikenal memiliki harga yang ekonomis dan memiliki jangkauan sinyal yang kuat dan stabil. Selain itu Tri juga memiliki beberapa paket data internet besar dengan harga yang terjangkau. Beragamnya pilihan paket data internet ini membuat konsumen dituntut jeli dalam memilih paket data internet yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Perlu adanya suatu metode pendukung keputusan agar konsumen tidak salah dalam menentukan pemilihan paket data internet. Analyitical Hierarchy Process (AHP) merupakan solusi yang tepat untuk permasalahan ini, karena dalam penentuan keputusan memperhatikan faktor-faktor persepsi, preferensi, pengalaman dan intuisi.Kata Kunci: Paket Data Internet, Analyitical Hierarchy Process, Konsumen
Copyrights © 2022