Jurnal Pendidikan IPS
Vol 3, No 2 (2019)

PENGEMBANGAN LKS BERBASIS MATERI KEARIFAN LOKAL PRANATA MANGSA DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI

I Komang Suardana (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Putu Sriartha (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Wayan Kertih (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi pembelajaran Geografi, mengembangkan materi pembelajaran Geografi berbasis kearifan lokal Pranata Mangsa dan menganalisis efektivitas penerapan materi pembelajaran Geografi berbasis kearifan lokal Pranata Mangsa terhadap proses belajar dan hasil belajar perserta didik di SMAK Soverdi Tuban. Penelitian ini menggunakan model penelitian RnD. Penelitian ini menggunakan dua teknik analisis deskriptif kualitatif untuk tahap define dan design, serta deskriptif kuantitatif dan Post-Test Only Control Group Design untuk tahap Develop dengan sampel kelas X2. Hasil penelitian memperlihatkan (1) kondisi pembelajaran geografi di SMAK SoverdiĀ  sudah memadai tetapi pada secara kualitatif masih kurang pada sisi lain gurunya sangat kurang. Disisi lain, kondisi pembelajaran di SMAK SoverdiĀ  tidak terlepas dari Kendala sebagai guru geografi khususnya kesulitan dalam menyediakan perangkat pembelajaran (RPP), model dan sumber belajar yang belum sesuai dengan tujuan pembelajaran geografi. (2) Desain pengembangan materi pembelajaran geogafi, berbasis kearifan lokal Pranata Mangsa yang dikembangkan dalam bentuk RPP, pengembangan instrumen penilaian dan pengembangan LKS berkategori baik dan layak digunakan setelah melalui tahap validasi.(3) berdasarkan pelaksanaan pembelajaran dalam uji coba terbatas dan uji coba lapangan menunjukan secara kualitatif dan kuantitatif penerapan materi pembelajaran geografi berbasis kearifan lokal Pranata Mangsa efektif dalam meningkatkan proses belajar dan hasil belajar perserta didik.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

PIPS

Publisher

Subject

Description

Jurnal Pendidikan IPS Indonesia adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dibidang Pendidikan ilmu sosial. Pada akhirnya Jurnal ini dapat memberikan deskripsi tentang perkembangan ilmu ...