Kelasa : Kelebat masalah bahasa dan sastra
Vol 17, No 1 (2022): Kelasa

NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM CERPEN-CERPEN KARYA RAUDAL TANJUNG BANUA

Mulyanto Widodo (Universitas Lampung)
Dedi Febriyanto (Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai pendidikan karakter dalam cerpen-cerpen karya Raudal Tanjung Banua. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah kumpulan cerpen Cerita-Cerita Kecil yang Sedih dan Menakjubkan karya Raudal Tanjung Banua. Pengumpulan data dilakukan dengan cara membaca dan memahami cerpen secara teliti, serta melakukan pencatatan terhadap nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalam cerpen. Analisis data dilakukan berdasarkan teori Miles dan Huberman, yaitu: (1) melakukan identifikasi terhadap cerpen, (2) melakukan reduksi data, (3) menyajikan data, (4) menginterpretasikan data, (5) menyimpulkan. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa cerpen-cerpen karya Raudal Tanjung Banua yang dianalisis mengandung  nilai-nilai pendidikan karakter, seperti nilai: (1) demokratis, (2) religius, (3) peduli sosial, (4) rasa ingin tahu, (5) menghargai prestasi, (6) komunikatif, (7) peduli lingkungan, (8) gemar membaca, (9) kreatif, (10) nasionalisme, dan (11) kerja keras. Nilai-nilai tersebut berpadu apik dengan rangkaian cerita di dalam cerpen yang tersampaikan secara tersirat dan tersurat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

kelasa

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

KELASA is a journal aiming to publish literary studies researches, either Indonesian, local, or foreign literatures. The scope of KELASA includes linguistic, applied linguistic, interdisciplinary linguistic studies, theoretical literary studies, interdisciplinary literary studies, literature and ...